Jumat, 11 Januari 2019

Tugas Minggu Ke-4









Penulisan 1
1. istem informasi dalam suatu pemahaman yang sederhana dapat
didefinisikan sebagai satu sistem berbasis komputer yang menyediakan
informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa.

2.Pengguna informasi dipandang dari tingkat manajemen dan area fungsional perusahaan.
Sistem pendukung keputusan (Decision Support System – DSS) memberi dukungan interaktif para manajer dalam mengambil keputusan.

3.Tahapan perkembangan tersebut yaitu:
- Fokus awal pada Data (electronic data processing – EDP)
- Fokus baru pada Informasi (management information sistem – MIS)
- Fokus Revisi pada Pengambilan Keputusan (Decision support sistem – DSS)
- Fokus sekarang pada Komunikasi (office automation – AO)
- Fokus potensial pada Konsultasi (artificial intelligence/expert sistem – AI/ES)

Tugas 1
Contoh model sistem informasi berbasis komputer:
1. SIA /Sistem Informasi Akuntansi
2. SIM /Sistem Informasi Manajemen
3. SPK /Sistem Penunjang Keputusan
4. Otomatisasi Kantor/Office Automation/OA
5. Sistem Informasi Manufaktur/Manufacturing Information System

Penulisan 2
1.Manfaat dan kendala perdagangan melalui jaringan elektronik.
Maanfaat utama:
-Pelayanan pelanggan meningkat.
-Hubungan dengan pemasok & masyarakat keuangan meningkat.
-Pengembalian atas investasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat.

2.Strategi perdagangan melalui jaringan elektronik.
Sistem antar organisasi (IOS) adalah suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai sistem tunggal.
Pertukaran data elektronik (EDI) adalah transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca mesin secara langsun dari komputer ke komputer di antara beberaoa perusahaan.

3.Pengertian pertukaran data elektronik dan manfaatnya.
Membentuk kaitan antara perusahaan dan pemasoknya (supply side) dan kaitan antara perusahaan dengan pelanggan (customer side)
Set transaksi adalah suatu jenis dokumen tertentu seperti faktur.
Manfaat tersebut diantaranya :
- Mengurangi Kesalahan.
- Mengurangi biaya.
- Meningkatkan efisiensi operasional.
- Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang.
- Meningkatkan pelayanan pelanggan.

Tugas 2
- Business-to-Business (B2B)
- Business-to-Consumer (B2C)
- Consumer-to-Consumer (C2C)
- Consumer-to-Business (C2B)
- Business-to-Administration (B2A)
- Consumer-to-Administration (C2A)
- Online-to-Offline (O2O)

Penulisan 3
1.Artsitektur komputer mengenai peralatan input, pemrosesan pusat, penyimpanan sekunder dan peralatan output.
Perangkat input merupakan peralatan yang dapat digunakan untuk menerima data yang akan diolah ke dalam komputer.
CPU atau satuan merupakan tempat pemrosesan instruksi-instruksi program. Pada komputer mikro, processor ini disebut  microprocessor.
Penyimpanan sekunder (juga dikenal sebagai memori eksternal atau penyimpanan tambahan), berbeda dari penyimpanan utama dalam hal itu tidak langsung dapat diakses oleh CPU.
Peralatan output adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. 

2.Mengenai software, OS dan aplikasi software.
Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia.
Software aplikasi atau software aplikasi adalah software program yang memiliki aktivitas pemrosesan perintah yang diperlukan untuk melaksanakan permintaan pengguna dengan tujuan tertentu.

3.Peranan peralatan input dan output serta software dalam pemecahan masalah.
Alat input/ouput demikian dikenal dengan terminal. Alat input dibagi ke dalam dua golongan yaitu alat input langsung dan tidak langsung. Bila terminal dihubungkan dengan pusat komputer yang letaknya jauh dari terminal melalui alat komunikasi, maka disebut dengan nama Remote Job Entry (RJE) terminal atau Remote Batch terminal.
Output yang dihasilkan pengolahan data dapat digolongkan ke dalam 4 macam bentuk, yaitu : tulisan, image, suara, dan bentuk yang hanya dapat di baca dan dimengerti komputer. Tiga yang pertama adalah output yang dapat dipergunakan langsung oleh manusia, sedangkan yang ke empat digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya atau sebagai input komputer yang lain. Perangkat lunak (software) adalah satu atau kumpulan dari beberapa program. Perangkat lunak terbagi perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.

Tugas 3
kinerja komputasi paralel lebih efektif dan dapat menghemat waktu untuk pemrosesan data yang banyak daripada komputasi tunggal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar